Zulnas.com, Jakarta — Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar, Maman Abdurrahman menegaskan koalisi partainya bersama PAN dan PPP tak disiapkan untuk mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Isu Ganjar bakal didukung oleh ketiga partai lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus menguat seiring dukungan kader partai-partai tersebut di daerah.

Plt Ketum PPP Mardiono misalnya, mengakui Ganjar menguat di internal partainya untuk didukung di 2024.

“Nggak ada. Saya tegaskan nggak ada,” kata Maman di perayaan HUT Golkar, Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10).

Wakil Ketua Komisi VII DPR itu menyebut hingga kini belum ada pembahasan di internal KIB soal usulan agar Ganjar maju di bursa pencalonan presiden, baik oleh PPP maupun PAN.

Meskipun demikian, Maman mengaku partainya menghormati Ganjar sebagai salah satu sosok di luar kader partai di KIB. Dia mengaku tak mau ikut campur soal urusan partai lain.

“Nggak etis kita orang Golkar ikut mencampuri demarkasi ranah internal PDIP. Jadi saya pikir kalau kami positioning-nya di situ,” katanya.

Sementara itu, mengenai dukungan PAN maupun PPP kepada Ganjar, Maman menyebut hal itu merupakan mekanisme internal masing-masing meski mereka terikat di KIB.

Dia meminta semua pihak tak mengambil kesimpulan untuk berspekulasi Ganjar bakal didukung KIB.

“Jadi artinya saya pikir ini masih dinamis, jadi kita jangan ambil kesimpulan dan berspekulasi dulu terhadap keputusan yang akan diambil oleh partai-partai lain,” katanya.

Sedangkan, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut KIB hingga kini belum membahas paket capres dan cawapres. Doli menegaskan, Golkar hingga saat ini masih mendukung Ketua Umum Airlangga Hartarto sesuai hasil Munas.

“Sampai hari ini KIB belum bicarakan soal paket capres dan cawapres. Dan buat Golkar capresnya masih Pak Airlangga Hartarto,” katanya. ***CNN

Sumber : https://zulnas.com/politik/golkar-kib-bukan-sekoci-ganjar-pranowo-di-pilpres-2024/